PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK AELI JALAN NGAGEL JAYA SELATAN III/18 KOTA SURABAYA

Abstract: Dalam proses pendidikan, pengembangan kemampuan berbicara merupakan hal dasar yang perlu dikembangkan. Kemampuan berbicara merupakan modal utama bagi anak untuk mengikuti proses pembelajaran dalam setiap jenjang pendidikan. Pada usia 5-6 tahun yang menjadi kekhawatiran orangtua apabila anak-anaknya belum mampu berbicara dengan lancar. Oleh sebab itu, banyak orangtua yang menuntut sekolah untuk memberikan materi pembelajaran yang lebih banyak dalam aspek kemampuan berbicara. Masalah yang muncul pada anak di TK AELI Surabaya adalah materi pembelajaran lebih menekankan pada bahasa asing (Inggris dan Mandarin) daripada bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berbicara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flipchart pada anak kelompok B di TK AELI Jalan Ngagel Jaya Selatan III/ 18 kota Surabaya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Postest design, yaitu dengan memberikan perlakuan terhadap kemampuan berbicara anak menggunakan media pembelajaran flipchart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK AELI Surabaya yang berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik non-parametrik dengan uji Wilcoxon Match Pairs Test.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung < Ttabel (0 < 0,06), pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran flipchart secara signifikan mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok B di TK AELI Jalan Ngagel Jaya Selatan III/ 18 Kota Surabaya.
Kata Kunci: Flipchart, Kemampuan berbicara
Penulis: Aulia Devi Febriana, Rachma Hasibuan
Kode Jurnal: jppaudsddd141468

Artikel Terkait :