PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI TK BINA PUTRA WARGA

Abstract: Penelitian dilakukan pada kelompok A di TK Bina Putra Warga Surabaya. Penelitian tersebut dilatarbelakangi dengan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A yang masih rendah. Hambatan ini terjadi dikarenakan pengelolaan kelas yang belum sesuai dengan kebutuhan anak. Pengelolaan kelas ini termasuk dalam hal pemilihan model pembelajaran. Quantum learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menciptakan lingkungan kondusif dan mendudukkan anak secara nyaman di kelas dengan berbagai iringan musik, serta meningkatkan partisipasi anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh quantum learning terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Bina Putra Warga Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental one-group pre-test-post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik menggunakan rumus uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus T hitung < T tabel. Jika T hitung < T tabel maka penelitian ini signifikan.
Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal lambang bilangan pada pre test dan post test dengan perlakuan quantum learning, hasil pre test yang diperoleh yaitu 9,07 dan  post test 12,8. Data tersebut dianalisis menggunakan tabel penolong Wilcoxon. Hasil perhitungan yang diperoleh adalah T hitung = 0 dan T tabel = 25 (0<25). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh quantum learning terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Bina Putra Warga Surabaya.
Kata Kunci: Quantum learning, Mengenal lambang bilangan
Penulis: Abidatul Khasanah, Sri Setyowati
Kode Jurnal: jppaudsddd141496

Artikel Terkait :