PENGARUH VAG SENSORY INTEGRATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL RASA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK CITRA TUNAS BANGSA

Abstract: Penelitian dilakukan pada kelompok A di TK Citra Tunas Bangsa. Penelitian tersebut dilatarbelakangi dengan kemampuan mengenal rasa pada anak kelompok A yang masih rendah. Hambatan ini terjadi dikarenakan kurang bervariasinya pendekatan, strategi, metode dan media dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan pendekatan yang inovatif sesuai dengan materi pembelajaran pada anak.  Pendekatan  VAG sensory integration merupakan salah satu pendekatan yang  berpusat pada sensori dan otak yang dapat menstimulasi kemampuan mengenal rasa anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan VAG sensory integration terhadap kemampuan mengenal rasa pada anak kelompok A di TK Citra Tunas Bangsa Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental one-group pre-test-post-test design. Subjek penelitian berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon, dengan rumus t hitung < t tabel. Jika t hitung < t tabel, maka penelitian ini signifikan.
Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal rasa pada pre test dan post test menggunakan pendekatan VAG sensory integration perhitungan pre test diperoleh rata-rata 6 sedangkan hasil post test diperoleh nilai 9,867. Data tersebut dianalisis menggunakan tabel penolong Wilcoxon. Hasil perhitungan yang diperoleh adalah t hitung = 0 dan t tabel = 25 (0<25). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan VAG sensory integration yang signifikan terhadap kemampuan mengenal rasa pada anak kelompok A di TK Citra Tunas Bangsa Sidoarjo.
Kata Kunci: Pendekatan VAG sensory integration, Mengenal rasa
Penulis: Eka Savitri, Wiwik Widajati
Kode Jurnal: jppaudsddd141493

Artikel Terkait :