PENGGUNAAN STRATEGI BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SACHARINA PG GEMPOLKREP

Abstract: Menyimak merupakan proses mendengarkan bunyi bahasa dengan penuh perhatian sehingga menjadi satu pemahaman yang bermakna. Untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak harus menggunakan hal-hal baru dalam setiap pembelajaran. Pendidik  menerapkan ide-ide yang dimilikinya untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak dengan menggunakan strategi dan media yang mendukung pembelajaran. Didalam penelitian ini permasalahan yang mendasar adalah dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak TK Sacharina masih kurang efektif, strategi yang digunakan guru juga kurang menarik sehingga kemampuan menyimak anak belum memenuhi standar yang diharapkan guru. Oleh karena itu peneliti menerapkan strategi bisik berantai dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dengan menggunakan strategi bisik berantai pada anak usia 4-5 tahun di TK Sacharina dan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menyimaknya.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Sacharina yang berjumlah 15 anak yang terdiri atas 10 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan data pada  siklus I di peroleh aktifitas guru sebesar 70%, aktifitas anak 72% dan hasil kemampuan menyimak anak sebesar 64%. Dari hasil siklus I maka target kriteria tindakan belum tercapai seperti yang diharapkan. Target kriteria tindakan yang diharapkan adalah ≥ 76%. Oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data aktivitas guru sebesar 88% aktifitas anak sebesar 87% dan hasil kemampuan menyimak anak sebesar 87%.  Berdasarkan  data pada siklus II maka hasil penelitian berhasil dan dapat disimpulkan bahwa strategi bisik berantai ternyata cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan  menyimak pada anak usia 4-5 tahun di TK Sacharina PG Gempolkrep Gedeg Mojokerto.
Kata Kunci: Bisik berantai,   Menyimak
Penulis: Maskanah, Mas’udah
Kode Jurnal: jppaudsddd141488

Artikel Terkait :