PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KLASIFIKASI BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA BALOK PADA ANAK KELOMPOK A PAUD PUTRA HARAPAN GUMENG KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

Abstract: Pembelajaran kognitif untuk anak usia dini dalam upaya menumbuhkan kemampuan berfikir klasifikasi sangat memerlukan peran serta dari para pendidik baik dari orang tua maupun guru. Namun pada kenyataannya, untuk mengembangkan kemampuan anak tentang mengklasifikasikan bentuk geometri pada anak  masih mengalami kesulitan. Didalam penelitian ini permasalahan yang mendasar adalah dalam mengembangkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi bentuk geometri anak kelompok A PAUD Putra Harapan masih kurang efektif, strategi yang digunakan guru kurang menarik, sehingga kemampuan klasifikasi bentuk geometri anak belum memenuhi hasil yang diharapkan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media balok dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi bentuk geometri pada anak kelompok A PAUD Putra Harapan Gumeng Gondang Mojokerto.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktifitas pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi bentuk geometri dengan penggunaan media balok.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Putra Harapan Mojokerto yang berjumlah 15anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan data pada  siklus I di peroleh aktifitas guru sebesar 70%, aktifitas anak 72% dan hasil kemampuan klasifikasi geometri anak sebesar 64%. Dari hasil data pada siklus I maka penelitian ini berlanjut pada siklus II oleh karena kriteria tindakan yang di harapkan sebesar > 75% belum tercapai.  Pada siklus II diperoleh data  aktifitas guru sebesar 88%, aktifitas anak sebesar 80% dan hasil kemampuan klasifikasi geometri anak sebesar 87%.  Berdasarkan  data pada siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan media balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi bentuk geometri pada anak kelompok A PAUD Putra Harapan Gumeng Gondang  Mojokerto.
Kata Kunci: Klasifikasi, geometri,  media balok
Penulis: Lia Fajar Purwanti, Mas’udah
Kode Jurnal: jppaudsddd141482

Artikel Terkait :