PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN STIK BERGAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI DUKUH PAKIS SURABAYA

Abstract: Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa sebagian besar anak di PPT Melati belum memiliki kemampuan mengenal konsep bilangan dengan baik. Hal itu disebabkan karena cara mengajar dan media yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga kegiatan pembelajaran kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui Permainan Stik Bergambar pada anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data  yang digunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 data yang diperoleh dalam kemampuan mengenal konsep bilangan melalui Permainan Stik Bergambar 45%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak minimal 75%, maka penelitian berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian  pada siklus II menunjukkan kemampuan mengenal konsep anak mencapai 79%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Permainan Stik Bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya.
Kata Kunci: Konsep Bilangan, Permainan Stik Bergambar
Penulis: Priyatin, Dewi Komalasari
Kode Jurnal: jppaudsddd141489

Artikel Terkait :