PENINGKATAN PERHATIAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS III MELALUI PERMAINAN ICEBREAKING DI SDN GEMBONGAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian siswa pada proses pembelajaran kelas III SDN Gembongan dengan menerapkan permainan icebreaking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan desain Kurt Lewin yang terdiri atas perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gembongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perhatian siswa dan observasi perhatian siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data skala perhatian siswa dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan icebreaking dapat meningkatkan perhatian siswa kelas III SDN Gembongan. Pada pratindakan, rata-rata skor perhatian siswa 52,4 (kategori sedang) dan hanya 4 dari 21 siswa yang memperoleh skor perhatian dalam kategori tinggi. Siklus I rata-rata skor perhatian siswa meningkat menjadi 71 (kategori tinggi) dan terdapat 15 siswa dari 20 siswa yang memperoleh skor perhatian dalam kategori tinggi. Pada siklus II rata-rata skor perhatian siswa meningkat lagi menjadi 83 (kategori sangat tinggi). Penelitian berhenti pada siklus II karena hasil yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 90% siswa kelas III memperoleh skor perhatian dalam kategori tinggi.
Kata kunci: perhatian, permainan icebreaking
Penulis: Miftahur Reza Irachmat
Kode Jurnal: jppaudsddd151860

Artikel Terkait :