SEBUAH KRITIK: ANIMASI FISIKA YANG TIDAK SESUAI FISIKA
Abstract: Animasi komputer
untuk pembelajaran fisika sangat diminati peserta didik maupun pendidik. Namun
demikian, beberapa animasi fisika ternyata mengabaikan kebenaran konsep fisika.
Sampel penelitian ini adalah sebuah animasi komersial dan sebuah animasi
nonkomersial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi komersial pada waktu
tayang 0:11:26 menampilkan animasi gerak roller coaster yang bergerak dengan
kelajuan tetap ketika melewati lintasan lingkaran, padahal menurut konsep
mekanika semestinya gerak roller coaster tersebut bertambah cepat ketika
bergerak turun hingga mencapai kelajuan maksimum ketika berada pada titik
terendah dan semakin lambat ketika bergerak ke atas hingga mencapai kelajuan
minimum ketika berada di puncak; pada animasi waktu tayang 0:18:26 didapatkan
animasi yang menampilkan penggambaran komponen-komponen vektor gaya normal ke
arah sumbu-x dan sumbu-y, kemudian ditampilkan penggambaran vektor gaya normal
yang tegak lurus terhadap permukaan bidang miring, padahal semestinya animasi
menampilkan penggambaran vektor gaya normal yang tegak lurus terhadap permukaan
bidang, kemudian ditampilkan penggambaran komponen-komponennya ke arah sumbu-x
dan y. Pada animasi nonkomersial didapatkan bahwa benda jatuh ke bawah
ditampilkan memiliki kecepatan tetap, semestinya benda akan bergerak dipercepat
sebesar percepatan gravitasi. Kesalahan-kesalahan serupa masih banyak ditemukan
pada animasi-animasi tersebut. Penelitian ini juga menampilkan contoh
langkah-langkah pembuatan animasi fisika agar sesuai dengan konsep fisika
melalui Adobe Flash MX. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi
acuan untuk animator-animator agar memperhatikan konsep fisika ketika membuat
animasi serta untuk pengguna agar mencermati kebenaran konsepnya.
Penulis: Wahyu Hari
Kristiyanto
Kode Jurnal: jpfisikadd160350