UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS HARAPAN

Abstract: Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di kelompok bermain yaitu bidang pengembangan kognitif. Pengembangan kognitif dapat diperoleh melalui kegiatan berhitung, membilang, mengelompokkan, mengenal bentuk, mengenal konsep angka dan bilangan. Didalam hal mengenal konsep bilangan anak di Kelompok Bermain Tunas Harapan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto belum maksimal. Hal ini terlihat pada kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan 1-5 dari 20 anak hanya 5 anak saja yang mampu mengenal konsep membilangnya,  sebagai guru yang memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran peneliti ingin memperbarui kondisi tersebut dengan menggunakan media gambar yang bervariasi dan menarik bagi anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 melalui media gambar pada anak Kelompok Bermain Tunas Harapan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.  Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.
Hasil dari  penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada siklus I pertemuan 1 diperoleh 45%, pertemuan 2 diperoleh 55%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil karena target yang ditentukan adalah ≥ 75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 70% dan pertemuan 2 diperoleh 85%. Berdasarkan analisis data pada siklus II pertemuan 1 dan 2, maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada anak di Kelompok Bermain Tunas Harapan.
Kata Kunci: Mengenal konsep bilangan, Media gambar
Penulis: Atik Fadlilah, Muhammad Reza
Kode Jurnal: jppaudsddd141501

Artikel Terkait :