UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND DANBACKHAND TENIS MEJA MELALUI MODIFIKASI ALAT PADA SISWA SMP NEGERI 281 JAKARTA

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan keterampilan pukulan forehand dan backhand melalui modifikasi alat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 281 Jakarta.Metode penelitian yang digunakan adalan metode Penelitian Tindakan (Action Research).Teknik pengambilan data dengan pengambilan data kuantitatif dan kualitatif.Pelaksanaan penelitian tindakan melibatkan ahli dalam bidang-bidang pendidikan jasmani khususnya cabang olahraga tenis meja sebagai kolaborator.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dan diawali dengan kegiatan observasi dan tes awal.Pelaksanaan penelitian ini bersamaan dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan SMP Negeri 281 Jakarta.
Kegiatan observasi  dan tes awal disimpulkan bahwa msiswa belum memahami konsep pukulan forehand & backhand serta tahapan-tahapan  pada pukulan forehand dan backhand yang tidak sesuai dengan tahapan gerak yang benar.
Kegiatan siklus I yang direalisasikan dalam bentuk tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1) Pemahaman konsep forehand dan backhand mulai terlihat adanya peningkatan. 2) Siswa belum dapat melakukan tahapan persiapan dengan sempurna. 3) Siswa belum dapat melakukan gerakan perkenaan dengan sempurna dikarenakan posisi yang kurang tepat 4) Siswa belum dapat melaksanakan tahap gerakan akhir dengan sempurna. 5) Siswa sudah menunjukkan sikap yang positif khususnya kerja sama dan keberanian yang meningkat.
Kegiatan siklus II yang direalisasikan dalam bentuk tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1) Siswa sudah memahami konsep pukulan forehand dan backhand yang benar. 2) Siswa mampu melakukan tahapan pukulan forehand dan backhand dengan benar. 3) Siswa memiliki motivasi dan semangat dalam melaksanakan pembelajaran dan menunjukkan sikap-sikap yang positif.
Hasil penelitian ini adanya peningkatan kemampuan keterampilan pukulan forehand dan backhand melalui modifikasi alat. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata tes  siswa, Untuk tes awal forehand= 72.11, siklus I = 74.44 dan siklus II = 77.56 & untuk tes awal backhand = 69.61, siklus I = 72.11 dan siklus II = 77. Untuk kelulusan belajar siswa berdasarkan hasil tes awal forehand siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 3 siswa (10%) , siklus I siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 8 siswa (26.67%) dan siklus II siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 27 siswa (90%). Untuk hasil tes awal backhand siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 5 siswa (16.67%) , siklus I siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 16 siswa (46.67%) dan siklus II siswa yang dinyatakan lulus sejumlah 27 siswa (90%). Instrumen tes untuk penelitian ini sudah di uji reliabilitaskan, dengan hasil R=0,630. Menurut Suharsimi Arikunto (2006), koefisien R=0.630 dapat dikatakan Reliabilitas Instrumen ini Tinggi.
Kata Kunci: Kemampuan Keterampilan, Tenis Meja, Forehand, Backhand, Modifikasi Alat
Penulis: FAWZAN ANGGARA
Kode Jurnal: sppenjasrek170003

Artikel Terkait :