UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BALAP KARUNG ESTAFET PADA KELOMPOK B1 PAUD SUPRIYADI SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Abstract: Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisioanal balap karung estafet pada kelompok B1 PAUD Supriyadi Semarang Tahun pelajaran 2015/2016.Penelititian ini dilaksanakan pada semester I bulan Juli 2015 bertempat di PAUD Supriyadi Semarang.Subjek penelitian ini adalah siswa kelompom B1 yang berjumlah dua puluh tiga anak terdiri atas sebelas anak laki-laki dan dua belas anak perempuan.Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan terhadap tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan.
Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian lembar observasi.Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah permainan tradisioanal balap karung estafet, menunjukkan adanya peningkatan dalam motorik kasar anak Kelompok B1 PAUD Supriyadi Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan dengan dua siklus diperoleh hasil peningkatan motorik kasar anak, yaitu 47,83% pada siklus I dan 86,96% pada siklus II ( indikator kinerja tercapai ). Dapat disimpulkan bahwa ?óÔé¼?ô Melalui Permainan Tradisional Balap Karung Estafet dapat meningkatkan motorik kasar anak. Sehingga target pembelajaran tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya kegiatan pembelajaran melalui permianan tradisional balap karung estafet dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motorik kasar anak.
Penulis: Eni Ermawati, Dian Ayu Zahraini
Kode Jurnal: jppaudsddd151734

Artikel Terkait :