Efektivitas Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kedisplinan Siswa Di SMK Negei 1 Masohi
Abstract: Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran untuk
meningkatkan kedisplinan siswa di SMK Negeri 1 Masohi. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu pre eksperimental design yang menggunakan
teknik one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas
X sebayak 120 siswa, dan sampel dalam
penelitian menggunakan teknik purposive yaitu
sampel yang mempunyai tujuan sehingga yang menjadi sampel adalah 15
siswa yang mempunyai tingkat disiplinan sedang 6 dan rendah 9. Analisis
menggunakan Uji Wilcoxson dan di bantu SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil
perhitungan diperoleh Asymp. Sig. = 0.001. Oleh karena nilai Asymp. Sig. =
0.001 < α = 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan Ada perbedaan
yang signifikan tingkat kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah mengikuti sesi
metode bermain peran
Penulis: Rusnawati Ellis
S.Psi, M.Pd
Kode Jurnal: jpbkdd160252