PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI AGRESIFITAS REMAJA

Abstrak: Agresifitas merupakan suatu perilaku fisik maupun verbal, yang bertujuan menyakiti orang lain. Seperti: memukul, menendang, mengolok-olok atau berkata kasar. Hasil pengamatan sementara, yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Geger Kabupaten Madiun, ditemukan sejumlah data (siswa kelas VII) yang tergolong usia remaja sering terlibat perkelahian, memukul, menendang, mengolok-olok atau dan berkata kasar. Hal yang demikian menunjukkan adanya (berprilaku agresif) yang perlu diteliti lebih mendalam, melalui penerapan teknik self management, dengan tujuan dapat mereduksi agresifitas remaja (siswa). Penerapan teknik Self management ini diharapkan dapat membantu remaja (siswa) mampu memahami, mengatur dan mengendalikan perilakunya sendiri.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian One- Group Pretest- Posttest Design, dengan populasi dan sampel yang berjumlah sama (10 orang) yang memiliki kecenderungan berprilaku agresif. Sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian, sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu 10 remaja (siswa) kelas VII yang memiliki kecenderungan agresifitas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan uji t (t-score).
Hasil analisis data, menunjukkan, bahwa harga t  hitung (t score ) > t  tabel (=6,778 >1,833) yang berararti signifikan. Jadi simpulannya: “Penerapan teknik self management dapat mereduksi agresifitas remaja”.
Kata Kunci: Teknik Self Management, Agresifitas Remaja
Penulis: Halimatus Sa’diyah
Kode Jurnal: jpbkdd160396

Artikel Terkait :