PERBEDAAN PERILAKU PROSOSIAL DAN SELF AWARENESS TERHADAP NILAI BUDAYA LOKAL JAWA DI TINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA KYAI AGENG BASYARIYAH KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

Abstract: Pada dasarnya siswa yang memiliki perilaku prososial yang baik akan mudah diterima di lingkungan masayarakat, memiliki perilaku prososial adalah cara meminimalisir tumbuh suburnya sikap individualis di kalangan siswa baik pada siswa laki-laki maupun perempuan. Selain itu, kesadaran diri siswa terhadap nilai budaya jawa juga perlu dipertahankan, karena remajalah yang akan mewarisi nilai lokal budaya jawa ini. Kesadaran diri penting karena memiliki kesadaran diri membuat remaja mengetahui akan kelebihan dan kekurangan masing-masing, seseorang akan mampu memahami konsep diri dan standar, nilai serta tujuan yang dimiliki seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan perilaku prososial dan self awareness (kesadaran diri) terhadap nilai-nilai lokal budaya jawa di tinjau dari jenis kelamin pada siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu mengambil 60 siswa. Yang terdiri dari 30 siswa perempuan dan 30 siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan metode skala sikap. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis uji-t.
asil penelitian menunjukan bahwa : (1) Ada perbedaan perilaku prososial siswa perempuan dan laki-laki kelas X SMA Kyai Ageng Basyariyah Kecamatan Dagangan Kabupaten MadiunTahun Pelajaran 2015/2016, hal tersebut dengan ditunjukkan rhitung= 4,222>ttabel= 1,671 (2) Ada perbedaan perilaku prososial dan self awareness terhadap nilai-nilai lokal budaya jawa anatara siswa perempuan dan laki-laki SMA Kyai Ageng Basyariyah Kecamatan Dagangan Kabupaten MadiunTahun Pelajaran 2015/2016, hal tersebut dengan ditunjukkan rhitung= 4,327>ttabel= 1,671. Ini berarti ha diterima dan ho ditolak.
Kata Kunci: Perilaku Prososial, Self Awarenes (Kesadaran Diri),Nilai-Nilai Lokal Budaya Jawa, di Tinjau dari Jenis Kelamin
Penulis: Elza Kusumaningrum, Noviyanti Kartika Dewi
Kode Jurnal: jpbkdd160400

Artikel Terkait :