ANALISA PERBANDINGAN METODE SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN MENENGAH (SRPMM) DAN SISTEM GANDA PADA PERENCANAAN ULANG HOTEL ICON GRESIK TERHADAP LUASAN TULANGAN BALOK DAN KOLOM

Abstract: Tujuan penelitian ini antara lain: Untuk mengetahui pengaruh gaya gempa pada metode Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM) dan Sistem Ganda terhadap simpangan antar lantai (story drift). Untuk mengetahui Bagaimana pengaruh gaya gempa pada metode Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah (SRPMM) dan Sistem Ganda terhadap luasan tulangan balok dan kolom.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana perencanaan ulang struktur gedung hotel icon Gresik dengan membandingkan gedung hotel yang menngunakan dinding geser dengan gedung hotel yang menggunakan sistem rangka (SRPMM). Data dikumpulkan dengan menggunakan literatur atau kepustakaan, dan simulasi komputasi. Literatur atau kepustakaan digunakan untuk memperoleh peraturan, rumus dan langkah-langkah yang digunakan untuk menghitung struktur. Simulasi komputasi digunakan untuk membuat model struktur (space frame) bangunan dan memperoleh gaya aksial, geser, dan momen yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan pengaruh metode SRPMM dan Sistem Ganda pada model I dan model II  terhadap simpangan antar lantai (story drift) masih memenuhi persyaratan dengan batasan maksimum  untuk lt 1-lt 7 sebesar 120mm dan untuk lt 8-lt, Atap sebesar 70 mm. Dengan simpangan antar lantai terbesar sebagai berikut:     Model I (SRPMM)  : 29,87 mm < 120mm (syarat) pada lantai 3;Model I (Sistem Ganda) : 31,35 mm < 120mm (syarat) pada lantai 3, Penambahan dinding geser (shear wall) tanpa mengubah dimensi kolom dan balok berpengaruh pada momen yang ditimbulkan. Pada model I (SRPMM) jumlah luasan tulangan balok sebesar 59.017,09 mm2, sedangkan pada model II (Sistem Ganda) sebesar 46.726,34mm2. Terjadi selsih sebesar 12%. Perbandingan jumlah luasan tulangan kolom model I dan model 2 sebesar 20% sebagai berikut :
Model I (SRPMM) sebesar                   : 27.098,2 mm2
Model II (Sistem Ganda) sebesar        : 18.171,18mm2
Kata Kunci: perencanaan ulang struktur, beton, kolom, balok, sistem ganda, SRPMM
Penulis: YASHER ARAFAT, Sutikno
Kode Jurnal: jptsipildd170038

Artikel Terkait :