ANALISIS HUBUNGAN ANTARA VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : JEMBATAN LAMNYONG, JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : JEMBATAN LAMNYONG, JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH)
Abstrak: Jalan Teuku Nyak Arief merupakan salah satu ruas jalan di Kota Banda Aceh dengan volume lalu lintas yang sangat padat karena berhubungan langsung dengan kawasan pusat pendidikan dan sering mengalami kemacetan, terutama pada jembatan Lamnyong. Pada saat memasuki jembatan tersebut terjadi perbedaan karakteristik geometrik jalan dari 3 lajur menyempit menjadi 2 lajur, yang mengakibatkan kecepatan kendaraan menjadi berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas akibat terjadinya penyempitan jalan pada lokasi penelitian. Pengumpulan data lapangan dilakukan selama 3 hari yaitu hari Senin, Rabu dan Kamis (tanggal 9, 11, dan 12 Maret 2015) selama 6 jam setiap harinya yaitu pada jam puncak pagi hari jam 07.00 - 09.00 WIB, siang hari jam 12.00 - 14.00 WIB, dan sore hari jam 16.00 - 18.00 WIB. Selama 6 jam pengamatan terdapat 24 kelompok interval waktu 15 menit. Analisis data didasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Dalam menentukan hubungan karakteristik lalu lintas digunakan tiga metode yaitu linier Greenshield, logaritmik Greenberg dan eksponensial Underwood. Dari hasil analisis diketahui bahwa model hubungan yang sesuai untuk ruas jalan Teuku Nyak Arief (pada jembatan Lamnyong) adalah model Underwood dengan persamaan model matematis S = 30,65 . e-0,0045(D) untuk hubungan kecepatan dan kepadatan (S-D) ; V = 755,77 . S - 220,55 . S (Ln.S) untuk hubungan volume dan kecepatan  (V-S) ; dan V = 30,65 . D . e-0045(D) untuk hubungan volume dan kepadatan (V-D), dengan nilai koefisien determinasi (R2) = 0,9145.
Keywords: Volume, speed, traffic density, Greenshield linear, Greenberg logarithmic, Underwood exponential
Penulis: Ariadi, Muhammad Isya, Irin Caisarina
Kode Jurnal: jptsipildd160553

Artikel Terkait :