ANALISIS KARAKTERISTIK DAN TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI DI KAWASAN PASAR GEDE KOTA SURAKARTA

Abstrak: Jalur  pejalan kaki  merupakan salah satu  wadah  atau ruang  yang digunakan  para  pejalan  kaki  untuk melakukan aktivitas  dan  untuk  memberikan  pelayanan  kepada pejalan  kaki  sehingga  dapat  meningkatkan kelancaran,  keamanan,  dan  kenyamanan. Lokasi penelitian di Kawasan  Pasar Gede, Surakarta. Tujuan  dari  penelitian  tersebut  adalah  mengetahui  karakteristik pergerakan pejalan  kaki eksisiting, mengetahui hubungan antar variabel pergerakan pejalan kaki, serta  mengetahui kapasitas dan tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki.
Survei untuk mendapatkan data dilakukan dengan teknik manual dalam pengamatan di lapangan. Sedangkan  metode  analisis  yakni  dengan menggunakan metode Greenberg. Dalam menentukan tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki, pada penelitian ini digunakan 3 standar yaitu standar  tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki menurut Peraturan Menteri  Perkerjaan Umum Nomor : 03/PRT/M/2014, standar tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki dari Bangkok, Thailand dan standar tingkat pelayanan dari Australia.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa karateristik pergerakan pejalan kaki eksisting menunjukkan nilai arus yang lebih kecil dibanding dengan nilai kapasitas/arus maksimum dari grafik hubungan antara arus dan kepadatan dari metode Greenberg. Hubungan antar variabel pergerakan pejalan kaki dengan metode Greenberg menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) yang terbesar pada hubungan antara Kecepatan dan Kepadatan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar (-0,889). Tingkat  pelayanan fasilitas pejalan kaki di kawasan Pasar Gede, menurut standar LOS dari Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No: 03/PRT/M/2014 dan Standar LOS dari Bangkok, Thailand tingkat pelayanan termasuk dalam rentang kategori A dan B Sedangkan standar LOS dari Australia tingkat pelayanan termasuk dalam rentang kategori A, B dan C.
Kata kunci: pejalan kaki, fasilitas pejalan kaki, jalur pejalan kaki, level of service, Greenberg
Penulis: Benny Irawan, Amirotul MH Mahmudah, Slamet Jauhari Legowo
Kode Jurnal: jptsipildd170315

Artikel Terkait :