ANALISIS MODULUS DRAINASE PADA SALURAN PERUMAHAN PURI SURYA JAYA, KECAMATAN GEDANGAN, KABUPATEN SIDOARJO

Abstract: Perumahan Puri Surya Jaya merupakan perumahan elit yang terletak di Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo, yang masih sering mengalami banjir atau genangan tiap tahunnya, baik disebabkan oleh saluran drainase yang kurang layak,  banyak sedimentasi dan saluran drain inlet tertutup oleh sampah.
Data atau informasi yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas PU Pengairan Kabupaten Sidoarjo dan data primer diperoleh dari survey langsung di lapangan. Metode pengolahan data menggunakan perhitungan secara manual sesuai dengan metode modulus drainase untuk menghitung debit hujan. Di dalam perhitungan metode modulus drainase juga menghitung penguapan air (evapotranspirasi) dan penyerapan air (perkolasi).
Hasil yang diperoleh dari analisa perhitungan untuk evapotranspirasi ( ) sebesar 4.434 mm/hari sedangkan untuk perkolasi (P) diperoleh sebesar  6 mm/hari. Untuk perhitungan menggunakan metode modulus drainase sebesar 0.127 m3/detik/ha setelah dilakukan pengurangan terhadap curah hujan maksimal dengan evapotranspirasi ( ) dan perkolasi (P). Setelah dilakukan evaluasi saluran drainase antara penampang eksisting dengan penampang normalisasi sekitar  41.7 % saluran drainase eksiting yang berjumlah 66 segmen dari 8 cluster untuk saluran eksisting yang tidak memenuhi sehingga dilakukan perubahan dimensi saluran.
Dari analisa perhitungan kemudian direncanakan normalisasi saluran dengan merencanakan penampang nomalisasi untuk saluran normalisasi kuarter menggunakan bentuk saluran lingkaran berdiameter 0.6 m dan 0.8 m sedangkan untuk saluran sekunder menggunakan bentuk saluran persegi ukuran lebar dasar B = 1 m dan tinggi penampang h = 0.60 m.
Kata Kunci: metode modulus drainase, evapotranspirasi ( ), perkolasi (P), debit, normalisasi
Penulis: YERIKO EMMANUEL, Kusnan
Kode Jurnal: jptsipildd170022

Artikel Terkait :