ANALISIS PRODUKTIVITAS TOWER CRANE PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG TUNJUNGAN PLAZA 6 SURABAYA

Abstract: Dalam proyek konstruksi, produktivitas tower crane adalah salah satu penentu  untuk memenuhi target proyek agar terpenuhi sesuai waktu yang direncanakan. Dalam mengukur besarnya produktivitas tower crane ada berbagai macam cara, salah satunya yaitu meneliti kebutuhan waktu siklus pengangkatan material dan volumenya setiap pengangkatan. Besarnya produktivitas tower crane dipengaruhi oleh empat faktor, diantaranya adalah kondisi alat, kondisi lapangan, manajemen, dan kemampuan operator.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis produktivitas alat berat tower crane dan mengetahui pengaruh faktor kondisi alat, kondisi lapangan, manajemen, dan kemampuan operator terhadap produktivitas tower crane. Penelitian ini dilakukan di proyek pembangunan gedung Tunjungan Plaza 6 Surabaya. Penelitian dilakukan dengan cara mengamati tower crane 1, 2, 3 dan 4 selama 20 hari tiap alat dengan disertai pengisian angket penelitian yang diisi oleh pengamat disertai dengan data lapangan tiap harinya. Dari pengumpulan data, baik produktivitas tower crane dan angket pengamatan dilakukan proses pengolahan data dengan bantuan komputer program SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 20 dan Microsoft Excel 2010.
Dari analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa besarnya produktivitas rata-rata tower crane pada proyek pembangunan gedung Tunjungan Plaza 6 Surabaya adalah TC 1 sebesar 5.061,39  kg/ jam , TC 2 sebesar 1.931,01 kg/jam , TC 3 sebesar 3.193,70 kg/jam dan TC 4 sebesar 4.150,60 kg/jam. Variabel yang ditentukan ternyata signifikansinya 0,000 < 0,05 (sig. yang diisyaratkan) maka secara simultan berpengaruh terhadap produktivitas tower crane. Secara parsial variabel yang mempunyai pengaruh signifikan adalah kondisi lapangan dengan sig. = 0,012 < 0,05. Kondisi Lapangan mempunyai pengaruh yang dominan dengan nilai beta 750,493.
Kata Kunci: Produktivitas, Tower Crane, Faktor, Simultan, Parsial
Penulis: SOFIA DEWI AMALIA, Didiek Purwadi
Kode Jurnal: jptsipildd170079

Artikel Terkait :