Hubungan Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengawasan yang dilakasanakan kepala sekolah pada SMKN 2 Wonosari, (2) mengetahui kinerja guru pada SMKN 2 Wonosari, (3) mengetahui besarnya hubungan pengawasan kepala sekolah dengan kinerja guru pada SMKN 2 Wonosari.
 Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Subjek penelitian adalah guru di jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari yang berjumlah sebanyak 11 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan korelasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengawasan kepala sekolah yang dilaksanakan di SMKN 2 Wonosari tergolong baik. Sebanyak 6 guru (54,5%) menyatakan bahwa pengawasan kepala sekolah yang dilaksanakan tergolong sedang dan 5 guru (45,5%) menyatakan pengawasan yang dilaksanakan dalam kategori tinggi ; (2) Kinerja guru di SMKN 2 Wonosari berada dalam kategori yang tinggi. Sebanyak 11 guru (100%) menunjukan bahwa kinerja guru sangat baik ;  (3) Hasil analisis korelasi menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,802 dengan probabilitas atau nilai signifikansi sebesar 0,003. Koefisien korelasi sebesar 0,802 menunjukan adanya hubungan yang sangat kuat antara pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Nilai signifikansi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 menunjukan bahwa bahwa pengawasan kepala sekolah dan kinerja guru memiliki hubungan positif signifikan atau hubungan yang bermakna.
Kata kunci: pengawasan kepala sekolah, Kinerja guru, hubungan
Penulis: Faisal Purnomo Adi, Prof. Dr. Husaini Usman, M.Pd., M.T
Kode Jurnal: jptsipildd160556

Artikel Terkait :