Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Dalam Game Simulasi Memancing
Abstract: Game simulasi
memancing merupakan sebuah permainan yang menirukan kegiatan memancing. Game
simulasi memancing terlihat menarik apabila game tersebut benar-benar
mempresentasikan kejadian nyata secara detail. Untuk memenuhi hal tersebut,
game memancing dapat disisipkan hal-hal yang berkaitan dengan habitat dan
perilaku ikan yang ada didunia nyata. Perilaku ikan berupa waktu makan ikan dan
kedalaman air. Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu model yang dapat
digunakan dalam menentukan suatu jenis ikan berdasarkan habitat dan perilaku
ikan. Metode yang digunakan dalam penentuan ikan tersebut adalah dengan
menggunakan logika fuzzy Mamdani dengan agregasi operator OR (max), dengan
metode mean of maximum sebagai defuzzifikasi, sedangkan masukan berupa waktu
pemancingan dan kedalaman umpan pancing. Dari hasil pengujian game didapatkan
bahwa tingkat akurasi sebesar 86.9% dalam menentukan kelompok ikan yang didapat
yaitu diurnal atau nokturnal.
Penulis: Satria Fitra Widya
Utama, Helmie Arif Wibawa
Kode Jurnal: jptindustridd150565