KONTRIBUSI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYAKEWIRAUASAHAAN DAN PERAN GURU SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 SEYEGAN JURUSAN TEKNIK BANGUNAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar prakarya-kewirausahaan; (2) peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran; (3) minat berwirausaha; (4) kontribusi efektif prestasi belajar prakarya-kewirausahaan; (5) kontribusi efektif peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran; (6) kontribusi efektif prestasi belajar prakarya-kewirausahaan dan peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian expose facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa kelas XII jurusan teknik bangunan SMK N 1 Seyegan jumlah 83 siswa. Jumlah sampel ditentukan melalui tabel Cochran, Cohen menjadi 68 siswa pengambilan sampel dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa nilai ujian tengah semester 1 untuk prestasi belajar mata pelajaran prakarya-kewirausahaan, angket untuk peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran dan minat berwirausaha. Angket disajikan dalam bentuk skala Likert empat alternatif jawaban. validitas instrumen diuji dengan uji korelasi product moment dan uji reliabilitas instrument dengan metode Cronbach’s Alpha, sedangkan uji regresi digunakan untuk menguji hipotesis dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prestasi mata pelajaran prakarya-kewirausahaan yang lolos kriteria ketuntasan minmal adalah 51 siswa (73%)  dan 17 siswa (27%) masih dibawah batas ketuntasan minimal, (2) peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi yang dicapai 44 siswa (65%), (3) minat berwirausaha termasuk dalam kategori sangat tinggi yang dicapai 36 siswa (53%), (4) prestasi belajar memberikan kontribusi efektif terhadap minat berwirausaha sebesar 15,52%, (5) peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi efektif terhadap minat berwirausaha sebesar 10,50%, (6) prestasi belajar dan peran guru sebagai agen perubahan dalam proses pembelajaran secara bersama-sama memberikan kontribusi efektif terhadap minat berwirausaha sebesar 26,2%.
Kata kunci: prestasi belajar, peran guru sebagai agen perubahan, minat berwirausaha
Penulis: Iswanu, Drs. H. Sutarto, Ph.D
Kode Jurnal: jptsipildd160561

Artikel Terkait :