MEMBANGUN MOBILE GAME SEBAGAI ASSISTIVE TECHNOLOGY UNTUK MEMBANTU MENGEMBANGKAN SOCIAL INTERACTION SKILL PADA PENDERITA ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) MENGGUNAKAN METODE AGILE DEVELOPMENT
ABSTRACT: Pembelajaran yang
efektif tidak dapat dicapai dengan hanya memperkenalkan mode belajar yang
berbeda, tetapi juga memerlukan motivasi belajar anak dan menjaga agar anak
termotivasi dan terlibat sampai tujuan pendidikan tercapai. Game merupakan
sebuah media yang sangat disukai oleh berbagai kalangan khususnya anak-anak.
Game based learning adalah salah satu media pembelajaran kreatif yang dapat
menarik motivasi pengguna. Pada penelitian ini membahas tentang pembuatan game
based learning sebagai teknologi pendukung untuk mengembangkan social
interaction skill pada anak ADHD (Attenttion Deficit Hiperactivity Disorder).
ADHD adalah gangguan perkembangan saraf yang ditandai dengan kesulitan menaruh
perhatian, hiperaktif, impulsif (bertindak sebelum berpikir) serta mempunyai
kesulitan untuk berinteraksi dengan lingkungan. Aplikasi game based learning
yang dibangun adalah mobile web application menggunakan teknologi HTML5 dan
javascript dengan menggunakan metode agile development. Terdapat tiga objektif
pada penelitian ini yaitu cooperation learning, self control learning, dan
responsibility learning. Penelitian ini juga disertai dengan pengujian User
Acceptance Test (UAT) langsung kepada target user mengenai fungsionalitas dan
survei terhadap user mengenai kualitas tampilan serta manfaat dalam menggunakan
aplikasi ini.
Penulis: Ricky Tri Wanda Putra
Simamora, Amelia Kurniawati, Warih Puspitasari
Kode Jurnal: jptindustridd150549