Pemanfaatan Limbah Serbuk Kayu Hasil Praktek Kerja Siswa Jurusan Teknik Kontruksi Kayu Menjadi Kerajinan Kotak Pensil Unik Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK N 1 Magelang

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengetahui pemanfaatan limbah serbuk kayu untuk ketrampilan siswa dalam membuat kerajinan kotak pensil unik, b) mengetahui pemanfaatan kerajinan kotak pensil unik dari hasil praktek kerja siswa SMK N 1 Magelang dibengkel kontruksi kayu, c) mengetahui pemasaran nilai jual produk hasil kerajinan kotak pensil unik dengan harga 30.000 rupiah dari kegiatan ekstrakurikuler, d) mengetahui kelayakan media pembelajaran pemanfaatan limbah serbuk kayu menjadi kerajinan kotak pensil unik terhadap kegiatan ekstrakurikuler pada siswa SMK N 1 Magelang .
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yakni: 1) identifikasi potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) pembuatan produk, 5) validasi ahli, 6) revisi produk, 7) uji coba, 8) produksi akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Kontruksi Kayu SMK N 1 Magelang semester gasal, tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah, 1) pemanfaatan limbah serbuk kayu hasil praktek kerja siswa SMK di bengkel sekolah dilakukan dengan memilah dan mengelompokkan serbuk kayu yang lembut sebagai bahan pembuatan kerajinan, 2) pemanfaatan limbah serbuk kayu hasil praktek kerja siswa dilakukan dengan menjadikannya produk kerajinan berupa kotak pensil unik sebagai kegiatan ekstrakurikuler, 3) pemasaran produk hasil kerajinan ekstrakurikuler ini melalui koperasi sekolah, bisa juga dengan mengikuti event  pameran lomba ketrampilan siswa tingkat SMK dan melalui penjualan secara online dengan sosial media, 4) tersusunnya media pembelajaran berupa video tutorial pemanfaatan limbah serbuk kayu menjadi kerajinan kotak pensil unik sebagai kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa kelas XI jurusan Teknik Kontruksi Kayu dengan kategori “sangat baik” dan sangat layak sebesar (82,76%) pada uji coba kelompok besar. Dengan demikian, media pembelajaran tersebut layak digunakan sebagai media belajar bagi siswa.
Kata Kunci: media pembelajaran, video tutorial
Penulis: Dimas Septi Jatmiko, Drs. Pusoko Prapto, M.T
Kode Jurnal: jptsipildd170228

Artikel Terkait :