PEMBUATAN BETON RINGAN BERAGREGAT LIMBAH PLASTIK HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) DENGAN PENAMBAHAN SILICA FUME

ABSTRAK: Penggunaan plastik yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, menyebabkan jumlah limbah plastik pun ikut terus meningkat. Sifat plastik yang non-biodegradable  menyebabkan plastik membutuhkan waktu ratusan tahun agar dapat terurai secara sempurna. Kebanyakan dari kita menghilangkan limbah plastik ini dengan cara membakar. Padahal dengan membakar limbah plastik akan melepaskan berbagai zat-zat yang berbahaya bagi lingkungan. Hal itu menyebabkan diperlukannya penanggulangan limbah plastik yang lebih efisien. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi agregat buatan dalam campuran beton ringan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengolahan limbah plastik HDPE menjadi agregat kasar buatan untuk campuran beton ringan, untuk mengetahui perilaku mekanik beton ringan beragregat limbah plastik yang menggunakan bahan tambah silica fume, dan untuk mengetahui pengaruh perbedaan gradasi agregat kasar pada beton ringan tersebut.
Pada penelitian ini digunakan tiga jenis variasi gradasi agregat kasar, yaitu 25-4,75 mm (zona I), 19-4,75 mm (zona II), dan 12,5-4,75 mm (zona III). Penggunaan perbedaan gradasi agregat kasar ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh perbedaan gradasi agregat kasar pada beton ringan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kuat tekan maksimum terjadi pada beton yang menggunakan agregat kasar zona II yaitu sebesar 9,17 MPa. Kuat tarik belah maksimum juga terjadi beton yang menggunakan agregat kasar zona II yaitu sebesar 0,88 MPa. Berat isi beton ringan rata-rata pada penelitian ini adalah 1575 kg/m3. Dengan berat isi demikian, dapat dikategorikan ke dalam beton ringan struktural karena syarat berat isinya berada pada rentang 1400-1850 kg/m³. Namun, untuk kekuatannya tidak dapat dikategorikan ke dalam beton ringan struktural karena tidak memenuhi persyaratan kuat tekan minimum 17,24 MPa.
Kata Kunci: beton ringan, agregat kasar buatan, limbah plastik HDPE, kuat tekan, kuat tarik belah
Penulis: Muhammad Arief Rizky
Kode Jurnal: jptsipildd170112

Artikel Terkait :