Pengaruh Faktor – Faktor Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh faktor motivasi belajar internal terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh faktor motivasi belajar eksternal terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh faktor motivasi belajar internal dan faktor motivasi belajar eksternal bersama – sama terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan yang berjumlah 58 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 51 siswa yang dambil dengan teknik Proposional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh signifikan faktor motivasi belajar internal terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan dengan nilai probabilitas (p) = 0,008 > ptabel = 0,05; (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan faktor motivasi belajar eksternal terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan dengan nilai probabilitas (p) = 0,374 > ptabel = 0,05; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan faktor motivasi belajar internal dan faktor motivasi belajar eksternal secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan dengan nilai probabilitas (p) = 0,026> ptabel = 0,05, dan persamaan Y= 73,996 + 0,218x1 - 0,031x2.
Kata kunci: motivasi belajar internal, motivasi belajar eksternal, dan prestasi belajar siswa
Penulis: Rahardica Ariesta P P, Drs. Imam Muchoyar, M.Pd
Kode Jurnal: jptsipildd160610

Artikel Terkait :