Pengaruh Kompetensi Guru dalam Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Finishing Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta

Abstract: Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui tingkat kompetensi guru dalam mengajar pada pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. (3) Untuk mengetahui apakah kompetensi guru dalam mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik finishing bangunan program Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 2 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan ex post facto . populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 56 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 49 siswa ditentukan dengan rumus tabel r Karl Pearson. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analasis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Kompetensi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta menunjukkan dalam kategori sangat baik. (2) Prestasi belajar pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta menunjukkan dalam kategori baik. (3) Tidak terdapat pengaruh kompetensi guru praktik dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Hal tersebut dapat terlihat dari persamaan Y= 81,99 - 0,003X persamaan tersebut menunjukan bahwa apabila terjadi kenaikan nilai satu poin pada nilai kompetensi guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik finishing bangunan di SMK N 2 Yogyakarta akan mengalami penurunan sebesar 0,003 Poin. Sumbangan relatif kompetensi guru dalam mengajar praktik finishing bangunan terhadap prestasi belajar siswa R Square=0,000 atau hanya sebesar 0%, sedangkan sisanya 100% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Kata Kunci: kompetensi guru, prestasi belajar
Penulis: Faisal Yusuf Fadhilah, Drs. Pusoko Prapto, M.T
Kode Jurnal: jptsipildd170211

Artikel Terkait :