PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR GAMPING MADURA PADA TANAH EKSPANSIF DI DAERAH WIYUNG SURABAYA TERHADAP NILAI PENGEMBANGAN TANAH

Abstract: Tanah lempung ekspansif merupakan tanah dengan sifat kembang susut tinggi.Tanah di daerah wiyung Surabaya diindikasikan tergolong ke dalam tanah lempung ekspansif.Penelitian ini menggunakan stabilisasi kimia dengan penambahan kapur gamping Madura yang mengandung ion-ion positif calcium dan magnesium, dengan tujuan untuk memperbaiki stabilisasi tanah di daerah wiyung Surabaya agar mengurangi sifat kembang susut dari tanah tersebut.
 Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen di laboratorium Universitas Negeri Surabaya dengan variasi penambahan serbuk batugamping : 0%, 3%, 6%,9%, dan 12%. Metodologi yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan tes sifat-sifat fisik tanah,tes proctor standart dan tes pengembangan tanah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar penambahan Kapur Gamping Madura pada tanah ekspansif di daerah Wiyung Surabaya maka nilai Pengembangan tanah akan semakin menurun. Nilai pengembangan tanah di daerah wiyung Surabaya sebesar 8,22%. Setelah penambahan 3%,6%,9%, dan 12% nilainya turun menjadi masing-masing 2,16%, 1,71%, 1,22%, dan 0,94 %
Sehingga pemanfaatan penambahan Kapur Gamping Madura pada Tanah Ekspansif di daerah Wiyung Surabaya dapat Menurunkan Nilai Pengembangan dari Tinggi menjadi rendah.Hal tersebut dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada bangunan di sekitarnya.
Kata Kunci: Tanah ekspansif, Kapur Gamping Madura,    Stabilisasi Kimia, Pengembangan Tanah
Penulis: TEGUH AFIFFUROKHIM, Machfud Ridwan
Kode Jurnal: jptsipildd170021

Artikel Terkait :