PENGARUH TARIKAN PERJALANAN PADA MALL PEKANBARU DAN PLAZA SENAPELAN TERHADAP TINGKAT PELAYANAN SAAT INI DAN PROYEKSI 5 TAHUN KE DEPAN

ABSTRACT: Penelitian ini mengukur kinerja lalu –  lintas pada ruas jalan, menentukan besarnya tarikan bangkitan perjalanan, serta menentukan prediksi tarikan perjalanan pada pusat kegiatan Mall Pekanbaru dan Senapelan. Penelitian dilakukan dengan cara : P enempatan tempat survei yang dapat mempermudah pengamatan, pada setiap lajur ditempatkan dua orang, p engambilan data arus lalu lintas menggunakan hand counter, serta pengambilan data primer yang dilakukan didua tempat selama 4 hari.
Hasil pe nelitian menunjukkan, untuk Jalan arteri p rimer S udirman volume arus lalu lintas harian tertinggi terjadi pada hari Senin sebesar 2823,2 smp / jam, kapasitas (C) Jalan arteri primer Sudirman adalah 5239,08 smp / jam, dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,54, untuk tingkat pelayanan jalan arteri primer Sudirman berada pada tingkat pelayanan C, sedangkan untuk jalan Teuku Umar volume arus lalu lintas harian rata – rata tertinggi terjadi pada hari Sabtu sebesar 754,2 smp / jam, kapasitas (C) Jalan Teuku Umar adalah 2610,96 smp / jam, dan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,29, untuk tingkat pelayanan jalan Teuku Umar berada pada tingkat pelayanan B. Pengaruh tarikan perjalanan pada Mall Pekanbaru dan Plaza Senapelan terhadap tingkat pelayanan saat ini dan ruas jalan yang terkait adalah pada hari libur pada ruas jalan arteri primer Sudirman adalah sebesar 0,42 dan hari kerja 0,54, untuk ruas jalan Teuku Umar pada hari libur sebesar 0,29 dan hari kerja 0,16. Dari analisis pembahasan interprestasi model didapatkan jumlah tarikan pada Mall Pekanbaru pada tahun 2014 dari semua zona yang telah ditentukan mencapai angka total (dalam sampel) sebesar 892,299 perjalanan / hari. Sedangkan analisa prediksi pada Mall Pekanbaru pada tahun 2019 sebesar 2367 perjalanan / hari dan untuk Palaza Senapelan sebesar 2685 perjalanan / hari.
Keywords: Pull, Seizures, Prediction tug, Urban Infrastructure
Penulis: Husni mubarak
Kode Jurnal: jptsipildd160727

Artikel Terkait :