PENGELOLAAN LIMBAH CAIR PADA SENTRA PEDAGANG KAKI LIMA KARAH DENGAN METODE BIOFILTER

Abstract: Sentra PKL Karah menghasilkan limbah padat dan cair. Limbah padat dibuang ke Tempat Pembuangan Umum (TPU) sementara limbah cair dibuang langsung ke saluran drainase. Hal ini menyebabkan timbulnya masalah lingkungan seperti bau, sarang nyamuk dan lalat, dan sumber penyakit. Untuk itu perlu dilakukan penanganan menggunakan alat yaitu biofilter.
Biofilter adalah bioreaktor lekat tetap, dimana mikroorganisme tumbuh dan berkembang diatas suatu media. Biofilter memanfaatkan kinerja mikroorganisme pada lapisan permukaan media (biofilm) dengan proses biologi.
Penelitian dilakukan dengan  mengalirkan air limbah ke dalam biofilter dengan waktu kontak yang ditentukan sambil diamati efektifitas biofilter dalam menurunkan kadar beban pencemar melalui analisa laboratorium.
Dari hasil pengamatan efluen biofilter alat ini bisa diaplikasikan pada Sentra PKL Karah dengan modifikasi. Biofilter mampu menurunkan kadar TSS sebanyak 97,19%; 96,04% untuk COD; 97,7% untuk BOD; dan 99,5% untuk Minyak/Lemak.
Kata Kunci: Biofilter, Limbah cair, biofilm
Penulis: KUKUH SHERLYANNE, Erina Rahmadyanti
Kode Jurnal: jptsipildd170017

Artikel Terkait :