PENGENDALIAN MUTU PRODUK PRECAST DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPC (STATISTICAL PROCESS CONTROL) DI PT. WASKITA PRECAST PLANT SIDOARJO

Abstract: PT. Waskita Beton Precast Plant Sidoarjo merupakan salah satu perusahaan  di Indonesia yang memproduksi precast. Beton precast adalah beton yang dibuat dicetakan dengan ukuran yang sudah ditentukan atau disesuaikan dengan aplikasi kerja sehingga bisa menghemat biaya dan efisien waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses produksi dalam menghasilkan produk girder mutu K-500 yang sesuai dengan spesifikasi.
Salah satu teknik pengendalian mutu yang dapat digunakan suatu industri adalah pengendalian mutu dengan metode SPC (statistical process control), yaitu suatu cara pengendalian yang dilakukan melalui pengumpulan dan analisis data kuantitatif selama berlangsungnya proses produksi. Pengendalian kualitas secara statistik  dengan menggunakan SPC mempunyai 7 (tujuh) alat statistik  utama yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengendalikan kualitas, antara lain flow chart, Check Sheet, diagram pareto, diagram sebab-akibat, histogram, diagram tebar, dan peta kendali.
Dari hasil penelitian ini kemampuan proses produksi balok girder dengan mutu beton K-500 dengan panjang 30,8 meter dan tinggi 2,1 meter setelah dilakukan perbaikan  mempunyai nilai Cp sebesar 5,36 yang berarti memuaskan karena memiliki nilai Cp lebih dari 1,33.
Kata Kunci: Pengendalian Mutu, Statistical Process Control, Precast
Penulis: Nur Aini, Mas Suryanto H.S
Kode Jurnal: jptsipildd170026

Artikel Terkait :