Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Di SMK N 2 Klaten

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi siswa terhadap implementasi persiapan dan perencanaan pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (2) persepsi siswa terhadap implementasi pelaksanaan proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (3) persepsi siswa terhadap implementasi penilaian pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Klaten, (4) implementasi pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Klaten.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian survai dengan metode penelitian deskriptif yang dilakukan di SMK N 2 Klaten pada bulan Januari sampai Februari 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X mata pelajaran Ilmu Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Klaten berjumlah 62 siswa. Penentuan besar jumlah sampel menggunakan rumus dari Issac dan Michael, didapat sampel sejumlah 54 siswa. Jumlah sampel setiap kelas diambil secara proportional dan random terhadap populasi yang bersangkutan. Metode pengumpulan data menggunakan angket bersifat tertutup, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas konstruk instrumen dengan expert judgement dan pengujian validitas instrumen dengan uji korelasi antar item. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS v.16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa terhadap implementasi persiapan dan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Bangunan berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 35,24 (67,76%). (2) persepsi siswa terhadap implementasi pelaksanaan proses pembelajaran pada kategori baik dengan rerata skor sebesar 44,9 (70,15%). (3) persepsi siswa terhadap implementasi penilaian pembelajaran pada kategori baik dengan rerata skor sebesar 21,57 (67,40%). (4) rekapitulasi implementasi pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 101,71 (68,72%).
Kata kunci: Implementasi Pembelajaran Ilmu Bangunan dan Persepsi Siswa
Penulis: Wahyu Eko Martanto, Drs. Agus Santoso, M.Pd
Kode Jurnal: jptsipildd160567

Artikel Terkait :