Studi Penggunaan Tulangan Pengekang Tidak Standar Dengan Perkuatan Pen-Binder Pada Kolom Berbentuk Persegi Dengan Aplikasi ANSYS

Abstrak: Kolom memegang peranan penting dari suatu bangunan karena memikul beban aksial, momen lentur, dan gaya geser. Tidak dipungkiri bahwa peranan penting kolom tersebut sangat bergantung akan bahan material yang dipakai serta perencanaan yang matang. Beton bertulang masih menjadi dambaan sebagai bahan material kolom yang mana sangat memerlukan peran tulangan sengkang sebagai salah satu elemennya. Dengan adanya perkembangan teknologi, ditemukanlah elemen penunjang sengkang berkait 900 bernama Pen-Binder yang dapat memberikan kinerja sengkang 900 setara dengan sengkang berkait 1350.
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja tulangan kolom berkait sengkang 900, 1350, dan 900 + Pen Binder terhadap pembebanan aksial dengan bantuan aplikasi ANSYS 12.1. Peningkatan kapasitas beban aksial ultimate yang signifikan akan memberikan faktor keamanan yang tinggi pada perencanaan kolom. Dalam jurnal ini, penulis membahas mengenai pembebanan aksial sentris pada model tulangan kolom serta peningkatan kekuatan yang digambarkan dalam diagram interaksi.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa peningkatan kuat tekan model tulangan dengan kait 1350 adalah sebesar 3.021 % lebih tinggi dari pada kolom dengan tulangan berkait 900. Sedangkan peningkatan kuat tekan model tulangan dengan kait 900 + pen binder adalah sebesar  8.79 % lebih tinggi dari pada kolom dengan tulangan berkait 900.
Kata Kunci: Kolom, Sengkang, Beban Aksial
Penulis: Yulistia Hadi
Kode Jurnal: jptsipildd170095

Artikel Terkait :