Tingkat Keterampilan Peserta Didik Dalam Praktik Kerja Batu Dilihat Melalui Prespektif Gender di SMK Negeri 2 Wonosari

Abstract: Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui tingkat keterampilan peserta didik dalam prakti kerja batu berdasarkan prespektif gender di SMK Negeri 2 Wonosari.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton. Subjek penelitian sebanyak 32 peserta didik dan satu orang guru mata pelajaran Konstruksi Batu. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Ada perbedaan tingkat keterampilan peserta didik dalam praktik kerja batu dilihat melalui prespektif gender ditunjukan dengan perbedaan nilai antara peserta didik perempuan dan peserta didik laki-laki berdasarkan dokumentasi hasil belajar. (2) Perbedaan tingkat keterampilan terlihat dalam aspek penilaian persiapan dan aspek penilaian proses. Sedangkan dalam aspek penilaian hasil tidak terlihat karena guru memberikan nilai yang sama dalam satu kelompok tanpa memandang gender. (3) Gender mempengaruhi sikap, waktu, penggunaan alat, dan besarnya volume pekerjaan yang dilakukan oleh peserta didik dalam praktik kerja batu di SMK Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci: gender, praktik kerja batu, tingkat keterampilan
Penulis: Amalia Sholihah, Drs. Pusoko Prapto, M.T
Kode Jurnal: jptsipildd170199

Artikel Terkait :