APLIKASI PENGENALAN ALKITAB INTERAKTIF UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU
ABSTRACT: Anak –anak di jaman
yang telah maju sekarang ini, lebih senang untuk bermain dengan gadget dan
memainkan banyak game yang telah disuguhkan pada gadget yang mereka miliki.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi interaktif untuk
mengenalkan anak – anak sekolah minggu tentang cerita – cerita firman Tuhan.
Dibatasi dengan permasalahan aplikasi ini bernuansa 2D, penelitian dilakukan di
GMIM Diaspora Buha, dan aplikasi ini menyediakan tiga pilihan menu. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode Luther Sutopo yang merupakan
metode dalam bidang multimedia, dimana metode ini jika mendapatkan error dapat
diperbaiki terus – menerus. Penelitian ini menghasilkan aplikasi Android yang
berisi cerita – cerita Firman Tuhan, pendalaman Alkitab dan juga kuis sebagai
tolak ukur bagi anak – anak yang menggunakan aplikasi ini. Kesimpulan yang
didapatkan dari aplikasi ini adalah aplikasi ini telah berhasil dibuat dan
tidak ditemukannya error. Aplikasi ini mengajarkan anak – anak tentang firman
Tuhan lewat gadget, melalui hasil evaluasi anak – anak tertarik dengan aplikasi
ini dan juga aplikasi ini dapat digunakan dalam pengajaran di sekolah minggu.
Saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah menu – menu yang ada didalam
aplikasi dapat diubah dan dibuat lebih baik, isi dari setiap materi dan soal –
soal yang ada didalam aplikasi juga dapat ditambahkan dan dapat ditambahkan
juga tombol suara hidup dan mati.
Penulis: Mentari Putri Ambat,
Steven Sentinuwo, Brave A. Sugiarso
Kode Jurnal: jptinformatikadd170078