Augmented Reality Edugame Senjata Tradisional Indonesia
Abstract: Senjata tradisional
merupakan sebuah produk yang berkaitan erat dengan budaya suatu masyarakat.
Selain berfungsi sebagai senjata, senjata tradisional telah menjadi identitas
suatu bangsa yang membantu memperkaya khasanah budaya nusantara. Pendidikan di
Indonesia berpedoman pada kurikulum baru yang disebut kurikulum 2013. Salah
satu materi kurikulum mengarahkan siswa untuk belajar tentang senjata
tradisional bentuk senjata tradisional. Berdasarkan pada masalah yang timbul
dari kurikulum 2013, peneliti menyiapkan metode pembelajaran dengan
menggabungkan Augmented Reality (AR) dengan permainan edukasi berbasis
adventure game dalam menyajikan materi keanekaragaman budaya Indonesia,
terutama untuk senjata tradisional sehingga siswa memiliki semangat dalam
belajar tentang keanekaragaman budaya Indonesia khusunya senjata.
Penulis: Endah Sudarmilah
Kode Jurnal: jptinformatikadd150865