Deskripsi Kemudahan dan Kemenarikan Aplikasi Game bagi Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Surabaya)
Abstract: Seturut perkembangan
teknologi, aplikasi games juga bertumbuh pesat. Sebenarnya aplikasi game
merupakan alat yang tepat untuk membantu anak belajar. Unsur menyenangkan yang
ditawarkan game membuat anak tertarik untuk mencari tahu lebih. Namun, umumnya
penggunaan aplikasi-aplikasi game edukasi diberikan pada anak berupa instruksi
atau tugas dari pengajar. Unsur paksaan ini mengurangi kebergunaan aplikasi
game edukasi sebagai sarana belajar. Artikel ini merupakan salah satu luaran
dari penelitian tentang eksplorasi rancangan aplikasi game yang menarik anak
untuk berinisiatif memaninkannya sendiri. Untuk itu dilakukan pengamatan
terhadap 100 responden anak usia sekolah dasar, 7-12 tahun, di Surabaya.
Responden diminta untuk memainkan lima aplikasi game anak yang ditentukan
peneliti, tiga adalah game edukasi dan dua adalah game popular. Selama
responden memainkan aplikasi, peneliti mengamati kemudahan penggunaan dan
kemenarikan aplikasi game yang dibagi dalam beberapa aspek pengamatan. Hasil
penelitian mendeskripsikan bahwa aplikasi game yang mudah digunakan, baik dalam
pengoperasian antar muka dan gameplay, memiliki prosentase penyelesaian misi yang
tinggi dan sangat menarik bagi responden. Responden kelompok usia bawah dan
usia atas memilih dua game popular non-edukasi yang berbeda., masing-masing
sebanyak 59% dan 48%. Alasan terbanyak, 29%, pemilihan game yang disukai adalah
karena game tersebut seru.
Penulis: Caecilia Citra
Lestari, Nehemia Sugianto
Kode Jurnal: jptinformatikadd170299