IMPLEMENTASI BACKTRACKING ALGORITHM UNTUK PENYELESAIAN PERMAINAN SU DOKU POLA 9X9
Abstract: Permainan Su
Dokupertama kali muncul pada tahun 1979 di majalah Dell Magazines dengan nama
“Number Places”, kemudian menjadi populer dengan nama “Su Doku” di Jepang pada
tahun 1984. Pada umumnya permainan ini terdiri dari 81 kotak kecil (sel), yang
disebut juga dengan Su Dokupola 9x9. Su Doku ini dibagi menjadi 9 grid dengan
pola 3x3. Diantarasel-sel tersebut terdapat angka 1 sampai dengan 9 sebagai
angka awal. Angka-angka awal ini digunakan sebagai pembatas, sehingga kita
hanya melanjutkan dengan mengisi angka hingga seluruh sel-sel terisi penuh
masing-masing dengan angka 1 sampai dengan 9. Metode umum pencarian solusi Su
Dokuadalah dengan kombinasi teknik pemindaian (scanning), penandaan (marking),
dan analisa (analyzing). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat
suatuaplikasi yang merupakan implementasi dari metode backtracking algorithm
untuk menampilkan solusi Su Dokupola 9x9 yang unik dan membuktikan teori
ketepatan metode backtracking algorithm dalam penggunaan pencarian solusi Su
Dokupola 9x9. Implementasi dari metode backtracking algorithmdibuat dengan
bahasa pemrograman Delphi. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi
pencarian solusi Su Doku dengan pola 9x9, yang diberi nama “Program Aplikasi
Sudoku Solver Backtracking Algorithm”. Didalam aplikasi ini user menginputkan
angka awal sesuai dengan level Su Doku, dimana hasil outputnya adalah tampilan
dari solusi unik Su Doku.
Penulis: Febri Utama, Awang
Harsa Kridalaksana, Indah Fitri Astuti
Kode Jurnal: jptinformatikadd160913