Kecerdasan Buatan Pada Game Edukasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Heuristik Similaritas
Abstract: Game menjadi salah
satu industri yang berkembang pesat pada kehidupan sehari-hari. Saat ini game
sangatlah popular di semua kalangan baik kalangan anak-anak, remaja maupun
dewasa. Namun masih banyak game yang hanya memprioritaskan unsur adiktif dan
mengabaikan unsur edukatif. Selain itu, banyak game berbasis pendidikan yang
kurang memiliki unsur fun. Oleh karena itu, diperlukan game yang memiliki unsur
edukasi dan fun sebagai media hiburan dan pendidikan bagi pengguna. Game
edukasi yang bermanfaat di era globalisasi ini ialah tentang game edukasi
Bahasa Inggris. Dalam pembangunan game dibutuhkan rancangan teori yang disebut
gamification dimana salah satu elemen penting yang harus ada di dalam game
ialah peran dari kecerdasan buatan dimana sering disebut AI (Artificial
intelligence). Penelitian ini bertujuan untuk membangun AI pada game edukasi
Bahasa Inggris yang cepat dan akurat. Metode yang digunakan pada AI ialah
berbasis pada pendekatan heuristik terhadap kebiasaan manusia dalam menjawab
soal seperti menyamakan soal dengan ingatannya pada kejadian sehari-hari.
Sehingga pada AI diperlukan suatu persamaan untuk menghitung similaritas antara
data di soal dan database. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game dapat
berjalan dengan lancar pada platform desktop dan android. Hasil metode AI yang
diterapkan juga mendapatkan nilai akurasi yang tinggi yakni 85% dan memiliki
tingkat kecepatan yang baik yakni rata-rata sekitar 12-16 milidetik. Sehingga
metode pendekatan heuristik similaritas merupakan metode yang cukup menjanjikan
ketika diimplementasikan pada kecerdasan buatan di game edukasi Bahasa Inggris
untuk menjawab soal secara otomatis.
Kata kunci: Game Edukasi, Kecerdasan Buatan dan Komputasional, Grammar
Bahasa Inggris, Heuristik Similarity Teks, Natural Language Processing
Penulis: Andhik Ampuh Yunanto,
Darlis Herumurti, Imam Kuswardayan
Kode Jurnal: jptinformatikadd170444