RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI SHIRITORI BAHASA INDONESIA DENGAN ALGORITMA AHOCORASICK BERBASIS WEB
Abstract: Globalisasi sudah
menjadi sebuah fenomenayang mempengaruhi semua aspek kehidupan bangsaIndonesia.
Hal ini juga mengubah penggunaan kata dalambahasa Indonesia yang dianggap
kurang bergengsi,kurang nyaman, bahkan dianggap kurang bergaya. Sikapini juga
terjadi di media elektronik yang sering memakaikosakata bahasa inggris atau
bahkan terkadangmengubah kosakata bahasa Indonesia itu sendiri.Perkembangan
game yang ada dewasa ini sejalan denganperkembangan teknologi informasi. Tidak
semua gamehanya mengandalkan ketangkasan pemain dalammenggunakan mouse ataupun
menekan tombol-tombolkeyboard. Akan tetapi ada juga game yang dapatmendidik
atau melatih pengetahuan dari pemain.Contohnya permainan yang berhubungan
dengan kata.Shiritori merupakan salah satu contoh permainan yangberhubungan
dengan kata. Permainan shiritori inimemiliki konsep bermain sambil belajar,
karena selainmendapatkan kesenangan dari mengotak-atik huruf-hurufyang ada juga
membantu mengasah otak untukmenemukan kata lain yang terdapat dari
huruf-hurufyang diberikan. Shiritori ini merupakan sebuahpermainan kata yang
berasal dari Jepang dan untuk saatini shiritori yang ada hanya bahasa Jepang
dan bahasaInggris. Berdasarkan permasalah di atas untukmemfasilitasi game
shiritori dalam bahasa Indonesia,maka akan dibuat game shiritori dalam bahasa
Indonesiadengan menggunakan algoritma Aho-corasick untukpencarian string dalam
kamus. Permainan dibuat berbasisweb dengan tujuan agar dapat dimainkan di semua
gadgetbaik laptop, android, ios, dan lainnya. Pengujian padapenelitian ini
dilakukan dengan pengujian black box.
Penulis: Sony Shanivan
Kode Jurnal: jptinformatikadd170067