RANCANG BANGUN APLIKASI GAME PENGENALAN SEJARAH PERANG TONDANO
ABSTRACT: Sejarah merupakan
bagian dari kehidupan manusia yang terjadi secara kronologis dan benar-benar
terjadi pada masa lampau dengan didukung bukti-bukti yang nyata. Generasi muda
lebih cenderung menjelajahi dunia international dengan menggunakan gadget yang
mereka miliki, dengan begitu dapat lebih mendorong generasi muda untuk tidak
peduli dengan sejarah. Salah satu sejarah yang dilupakan adalah Perang Tondano,
dimana banyak orang yang ada di Sulawesi Utara termasuk generasi muda yang ada
di dalamnya tidak mengetahui tentang sejarah perang ini. Dengan merancang dan
membangun Aplikasi Game Pengenalan Sejarah Perang Tondano dapat menjadi sarana
pengenalan sejarah tentang Perang Tondano bagi generasi muda. Penulis
menggunakan Unity 3D dalam membuat aplikasi Game Pengenalan Sejarah Perang
Tondano. Dalam pembuatan aplikasi ini metode yang digunakan adalah Metode
Extreme Programming. Aplikasi Game Pengenalan Sejarah Perang Tondano ini bukan
hanya sekedar game biasa tetapi memiliki storytelling yang menjelaskan mengapa
sampai Perang Tondano itu terjadi. Aplikasi Game Pengenalan Sejarah Perang
Tondano menjadi sarana untuk memperkenalkan kepada generasi muda maupun
masyarakat umum dengan cara yang interaktif dan menarik.
Penulis: Indra S. Boham,
Steven Sentinuwo, alwin sambul
Kode Jurnal: jptinformatikadd170086