RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN TULANG PENYUSUN RANGKA TUBUH MANUSIA
Abstract: Anatomi manusia
merupakan materi pelajaran biologi yang salah satunya membahas struktur
penyusun rangka tubuh manusia. Selama ini siswa mempelajarinya hanya melalui
buku sehingga memberikan efek jenuh serta mengurangi ketertarikan. Untuk
menambah minat belajar dibutuhkan suatu media pembelajaran alternatif. Tujuan
dari penelitian ini adalah membangun aplikasi pembelajaran tulang penyusun
rangka tubuh manusia, sehingga dapat menambah ketertarikan siswa untuk belajar.
Metode pengembangan aplikasi menggunakan waterfall model dengan beberapa
tahapan yang akan dilakukan meliputi: studi literatur, analisis kebutuhan,
pembuatan 3D, perancangan sistem, implementasi, pengujian sistem, analisis
hasil pengujian dan penarikan kesimpulan. Alat perancangan dalam penelitian ini
menggunakan Unified Modeling Language dan pengujian penelitian menggunakan Blackbox dan Kuesioner.
Dari pengujian kusioner didapati hasil berdasarkan aspek fungsional yaitu
20% sangat baik, 55% baik dan 25% cukup baik. Berdasarkan aspek visual yaitu
35.71% sangat baik, 48.57% baik, 15.71% cukup baik. Berdasarkan aspek audio
yaitu 10% sangat baik, 50% baik dan 40% cukup baik. Berdasarkan pengoperasian
yaitu 46.66% sangat baik, 46.66% baik dan 6.66% cukup baik. Hasil perhitungan
pengujian menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) memiliki skor
579 berada pada range sangat positif
menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran tulang penyusun rangka tubuh manusia
dapat menambah daya tarik siswa untuk belajar.
Penulis: Khairul Akmal
Kode Jurnal: jptinformatikadd170036