Aplikasi Panduan Wisata Kota Kudus Menggunakan Perangkat Bergerak Berbasis Android
Abstract: Objek wisata yang
menarik adalah salah satu alasan orang untuk berkunjung. Berwisata menjadi
pilihan untuk masyarakat mengisi waktu liburan dengan berkumpul bersama
keluarga maupun teman. Karena sedikitnya informasi lokasi objek wisata kota
Kudus yang diketahui oleh masyarakat, diperlukan bantuan untuk mempermudah
dalam pencarian lokasi tersebut. Aplikasi Panduan Wisata Kota Kudus Menggunakan
Perangkat Bergerak Berbasis Android adalah solusi utama dalam pencarian lokasi
objek wisata di kota Kudus. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah mengembangkan
suatu sistem pemandu pencarian lokasi objek wisata berbasis android yang
memiliki fitur penunjuk jalan. Aplikasi Panduan Wisata Kota Kudus Menggunakan
Perangkat Bergerak Berbasis Android merupakan aplikasi berbasis client server
yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java dengan software eclipse
dan menggunakan basis data MySql. Tahapan pengembangan perangkat lunak yang
digunakan adalah SDLC (Software Development Life Cycle) dengan menggunakan
metode waterfall serta pemodelan perangkat lunak yang digunakan adalah UML
(Unified Modeling Language). Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah
analisis kebutuhan perangkat lunak, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan.
Pengujian fungsional dilakukan menggunakan metode black box. Hasil dari
penelitian ini yaitu Aplikasi Panduan Wisata Kota Kudus Menggunakan Perangkat
Bergerak Berbasis Android yang digunakan untuk panduan dalam berwisata di kota
Kudus. Fungsi menu dan tombol-tombol sudah berjalan sesuai dengan
fungsionalitasnya masing-masing. Aplikasi panduan wisata kota Kudus ini sudah
bisa digunakan sebagai media panduan dalam menemukan lokasi wisata.
Penulis: Yusuf Hasyim
Maghfuri, Kodrat Iman Satoto, Rinta Kridalukmana
Kode Jurnal: jptkomputerdd160251