Implementasi Gra k Komputer 3 Dimensi pada Pengaturan Tata Ruang Dapur

Abstract: Website yang dapat menampilkan informasi melalui internet telah berkembang dengan pesat. Teknologi WebGL hadir menambah kemampuan website untuk menyediakan interaksi yang semakin beragam kepada pengguna. WebGL memungkinkan sebuah website untuk menampilkan objek dua dimensi dan tiga dimensi tanpa menggunakan plug in. Dalam penelitian ini telah berhasil diimplementasikan teknologi WebGL untuk membuat aplikasi perancangan tata ruang dapur berbasis web. Pengguna dapat merancang penempatan perlengkapan dapur sesuai keinginan menggunakan objek yang tersedia di dalam aplikasi. Website ini juga menyediakan informasi mengenai perlengkapan dapur, sehingga dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada pengguna apabila berniat memesan kitchen set. Dalam penelitian ini model tiga dimensi perlengkapan dapur dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Blender 2.75, sedangkan aplikasi WebGL dibuat dengan editor Unity 5, dimana objek disatukan dengan fungsi lainnya membentuk aplikasi. Unity memungkinkan aplikasi dikonversi ke dalam format WebGL dan akhirnya dapat ditanaman ke dalam website. Pengguna akan mengakses website untuk mendapatkan informasi mengenai tata ruang dapur sekaligus dapat merancangnya dalam website tersebut.
Kata Kunci: Tata ruang dapur, model grafik 3 dimensi, Blender, Unity, WebGL
Penulis: Enrico Didi Franchman, Bheta Agus Wardijono
Kode Jurnal: jptkomputerdd160280

Artikel Terkait :