MEMBANGUN APLIKASI KOMUNIKASI BERBASIS TEXT DENGAN TEKNOLOGI WINSOCK DAN UDP

Abstract: Salah satu manfaat dari jaringan komputer yaitu sebagai media komunikasi antar pengguna dalam suatu jaringan komputer. Komunikasi berbasis text merupakan salah satu bentuk nyata dari komunikasi jenis ini yang sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Aplikasi pendukungnya pun sudah banyak beredar di pasaran, namun karena alasan kehandalan protokol, teknologi pengiriman paket datanya rata-rata menggunakan protokol TCP. Menurut model referensi OSI maupun TCP/IP Protocol Suite pada Transport Layer terdapat dua protokol, yaitu: TCP dan UDP. Maka, dirasa perlu untuk mencoba membangun aplikasi komunikasi berbasis text dengan memanfaatkan UDP sebagai protokolnya.
Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah metode GRAPPLE. Perangkat lunak yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah Microsoft Visual Basic 6.0 sebagai media implementasi dan bahasa pemrograman, perangkat lunak ini menyediakan semua references/library dan components yang dibutuhkan dalam pembangunan aplikasi ini. Inno Setup Compiler versi 4.20 sebagai media untuk pembuatan program instalasi aplikasi. Seperti kebanyakan aplikasi sejenis lainnya yang berjalan di sistem operasi Windows, aplikasi ini juga memanfaatkan teknologi WinSock, maka  aplikasi ini diharapkan mampu beroperasi di semua sistem operasi Windows.
Input dan output textnya menggunakan RichTextBox, sehingga output textnya dapat disimpan ke dalam format rtf. Adanya tools Invite Friends dengan memanfaatkan Messenger Service dari Windows NT/2000/XP. Feature tambahan lainnya yaitu Pinger Tool sebagai salah satu implementasi dari ICMP, yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah suatu komputer host dalam keadaan hidup atau tidak juga untuk membangkitkan traffic test antara dua komputer host.
Kata Kunci: Windows Sockets, WinSock, User Datagram Protocol, UDP
Penulis: Bambang Sugiantoro
Kode Jurnal: jptkomputerdd050020

Artikel Terkait :