Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Siklus Hidrologi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android
Abstract: Daur air atau bisa
disebut dengan siklus hidrologi merupakan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam tingkat Sekolah Dasar kelas V. Materi ini membahas tentang proses
perputaran air yang ada di muka bumi. Media pembelajaran yang saat ini
digunakan masih didominasi oleh buku yang berisi tulisan dan gambar saja. Penggunaan
gambar yang telah tersedia dalam buku teks membuat siswa cenderung pasif dan
kurang interaktif karena media gambar tidak mampu memberikan respon timbal
balik, kurang terlihat nyata dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat lunak berbasis android yang dapat
menampilkan pemodelan siklus air atau hidrologi dalam bentuk tiga dimensi
memanfaatkan teknologi augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode
pengembangan multimedia meliputi tahap konsep, tahap desain, tahap pengumpulan
materi, tahap pembuatan, tahap pengujian dan tahap distribusi. Aplikasi ini
dibuat menggunakan Unity 3D, serta Vuforia sebagai Software Development Kit
(SDK). Aplikasi berjalan pada perangkat bergerak dengan sistem operasi Android.
Pada tahap pengujian dilakukan pengujian dengan metode Black Box yang meliputi
pengujian fungsi aplikasi, pengujian intensitas cahaya, sudut dan jarak antara
kamera dengan penanda. Berdasarkan hasil pengujian terhadap aplikasi yang telah
dibangun, seluruh fungsi menu dan antarmuka dapat berfungsi dengan baik.
Deteksi penanda oleh kamera mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Proses deteksi
penanda pada sudut 90 ̊ tidak baik karena proses pembacaan penanda tidak dapat
ditangkap oleh sistem. Selain itu, jarak yang baik untuk sistem
mengidentifikasi penanda yaitu lebih dari 10 cm.
Penulis: Hardiyanto, R. Rizal
Isnanto, Ike Pertiwi Windasari
Kode Jurnal: jptkomputerdd160229