Pembuatan Aplikasi Permainan “Egrang Run” Berbasis Android
Abstract: Permainan
tradisional adalah suatu jenis permainan yang ada pada suatu daerah tertentu
yang berdasarkan kepada budaya daerah tersebut. Egrang bambu merupakan salah
satu dari sekian banyak permainan tradisional Indonesia yang perlu dilestarikan
keberadaannya. Perkembangan teknologi sekarang ini sudah merambah ke segala
bidang termasuk perkembambangan game (permainan). Pengenalan tentang permainan
tradisional egrang dapat memanfaatkan peran kemajuan teknologi saat ini
dibidang tersebut. Oleh karena itu muncul sebuah ide untuk merancang dan
membangun aplikasi permainan “Egrang Run” ini diharapkan dapat menjadi suatu
sarana pengenalan tentang permainan tradisional Indonesia khususnya permainan
egrang bambu. Aplikasi permainan “Egrang Run” dibuat menggunakan perangkat
lunak Unity versi 5. Unity merupakan suatu toolkit untuk membuat suatu video
games 3 dimensi maupun 2 dimensi. Aplikasi permainan ini dikembangkan dengan
metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahap, yaitu
tahap konsep (Concept), tahap perancangan (Design), tahap pengumpulan materi
(Material Collecting), tahap pembuatan (Assembly), tahap pengujian (testing),
dan tahap distribusi (Distribution). Pengujian black-box juga digunakan pada
aplikasi ini. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi permainan
“Egrang Run” yang dapat berjalan pada perangkat berbasis android. Aplikasi ini
berisi pengenalan permainan tradisional egrang bambu. Berdasarkan pengujian
dengan menggunakan metode black-box, seluruh fungsi yang ada dalam aplikasi
permainan telah berhasil dan berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Penulis: Riyadhi Sholikhin,
Oky Dwi Nurhayati, Eko Didik Widianto
Kode Jurnal: jptkomputerdd160239