Perancangan Aplikasi Multimedia untuk Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Sekolah Dasar
Abstract: Pada pembelajaran
anatomi tubuh manusia dibutuhkan metode dan media yang baru agar dapat
meningkatkan semangat dan minat siswa dalam mempelajari anatomi tubuh manusia.
Hal ini dikarenakan metode yang umum digunakan di sekolah-sekolah masih
menggunakan metode guru menerangkan dan siswa mendengarkan, serta buku
pelajaran yang digunakan minim akan ilustrasi sehingga siswa kurang aktif dan
mudah cepat jenuh dengan materi yang diterangkan di kelas. Berdasarkan
permasalahan tersebut dibangun sebuah Aplikasi Multimedia Pembelajaran Anatomi
Tubuh Manusia berbasis desktop yang diharapkan dapat mendukung proses
pembelajaran di sekolah. Tahap-tahap yang dilalui dalam membangun aplikasi
multimedia pembelajaran ini adalah mempelajari studi pustaka, mewawancari
narasumber, merancang aplikasi, pembuatan aplikasi dan terakhir tahap
pengujian. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Flash Professional, Adobe
Illustrator dan Adobe Photoshop. Metode pengembangan mutimedia yang digunakan
adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) . Untuk metode pengujian
aplikasi menggunakan metode Black Box Test. Aplikasi multimedia pembelajaran
Anatomi Tubuh Manusia sebagai media pembelajaran interaktif untuk sekolah
dasar, sudah berhasil dirancang dan dibangun menggunakan Adobe Flash Professional.
Hasil dari pengujian Kotak Hitam pada aplikasi ini adalah fungsi dalam setiap
menu dan tombol telah berjalan dengan semestinya. Kata kunci : Multimedia
Pembelajaran, Adobe Flash Professional, Multimedia Development Life Cycle
(MDLC), Anatomi Tubuh Manusia.
Keywords: Multimedia
Pembelajaran; Adobe Flash Professional; Multimedia Development Life Cycle
(MDLC); Anatomi Tubuh Manusia
Penulis: Dini Indriyani Putri,
R. Rizal Isnanto, Kurniawan Teguh Martono
Kode Jurnal: jptkomputerdd160233