Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android
Abstract: Upaya meningkatkan
efisiensi penyediaan aplikasi yang mengandung unsur pendidikan diperlukan
berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa
diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Adanya game
edukasi matematika ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak
dalam proses pembelajaran matematika, dan menghilangkan rasa jenuh dan takut bagi
anak-anak untuk belajar matematika. Game edukasi ini sangat berguna dibidang
pendidikan khususnya matematika. Penulis memilih anak berusia 6 tahun sampai 9
tahun sebagai pengguna dalam game edukasi ini, karena akan lebih efektif jika
mulai belajar matematika dari kecil karena di usia itulah anak-anak bisa dengan
mudah mengingat dalam belajar menghitung. Metodologi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang bersumber
dari Luther dan sudah dimodifikasi oleh Sutopo. Alat bantu yang digunakan untuk
menganalisis penyusun menggunakan Unified Modeling Language (UML). Sedangkan
aplikasi yang digunakan dalam pembuatam skripsi ini adalah construct 2.
Penerapan game edukasi matematika ini diharapkan dapat mengatasi masalah
tersebut. Jadi disaat anak memainkan game ini anak tidak bosan dan tidak takut
untuk belajar matematika, dengan harapan semangat anak untuk belajar akan lebih
terpacu dan meningkatkan kualitas belajar anak. Untuk game edukasi ini sendiri
diharapkan dapat dikembangkan lagi dalam hal animasi, desain, fitur, dan music
sehingga menjadi semakin atraktif.
Penulis: Muhammad Rizky
Rahadi, Kodrat Iman Satoto, Ike Pertiwi Windasari
Kode Jurnal: jptkomputerdd160243