DIGITAL GAME-BASED LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI
ABSTRACT: Pendidikan pada
anak-anak seharusnya lebih menekankan pengembangan soft skill dengan cara
bermain. Namun kenyataannya masih banyak pembelajaran untuk anak-anak yang
lebih mendasarkan aspek kognitif, di antaranya dengan bertitik tolak pada
kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) secara formal. Penelitian
ini mengemukakan pengembangan prototipe aplikasi digital game-based learning
(DGBL) yang responsif untuk anak-anak usia dini dengan fitur reinforcement dan
penguatan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development
dengan mengadaptasi model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Hasil
validasi media oleh ahli memperlihatkan bahwa produk yang dikembangkan sudah
layak digunakan, di mana didapatkan tingkat validitas media sangat tinggi,
yaitu 91,25%.
Penulis: Didik Dwi Prasetya,
Wahyu Sakti G.I, Syaad Patmanthara
Kode Jurnal: jptlisetrodd130817